Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat, Mahasiswa KKN Mandiri IAIRM Ngabar Fasilitasi Pelatihan Peternakan Modern

Ngabar – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri yang dilakukan oleh Mahasiswa IAIRM Ngabar di Desa Carangrejo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo memiliki program unggulan dalam meningkatkan pemberdayaan Masyarakat, yaitu melalui pelatihan peternakan modern yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 Maret 2024.

Pelatihan yang bertempat di Posko KKN kelompok 1 ini diikuti oleh masyarakat Desa Carangrejo dengan jumlah 20 peserta. Melihat potensi peternakan kambing dan domba milik masyarakat yang masih dikelola secara tradisonal, Mahasiswa KKN Mandiri IAIRM Ngabar berupaya memfasilitasi pelatihan peternakan modern agar masyarakat mengerti dan paham akan sistem peternakan modern termasuk pada proses pemasarannya.

Menghadirkan pemateri yang juga merupakan pemilik Mendosari Farm dan mantan Manager Ngabar Farm, Adib Muammar Khadafi secara jelas dan terang memberikan pelatihan kepada masyarakat bagaimana perawatan hewan ternak yang baik dan pembuatan pakan yang efektif serta proses pemasaran hewan ternak agar memiliki nilai tambah yang maksimal.

Roni, salah satu peserta pelatihan mengaku sangat senang dan merasa terbantu dengan adanya pelatihan peternakan modern ini, karena di samping memberikan tambahan ilmu tentang ternak, pelatihan ini juga memberikan praktik secara langsung bagaimana pembuatan pakan yang mudah dan efektif. “Alhamdulillah mas, kita merasa terbantu karena memberi solusi tentang pakan kambing yang simpel”, ujarnya.

Selain itu, guna memberikan efek berkelanjutan pasca pelatihan, Mahasiswa KKN Mandiri IAIRM Ngabar juga memberikan pendampingan agar sistem peternakan modern bagi masyarakat Desa Carangrejo dapat terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam bidang peternakan kambing dan domba.

Editor: Moh. Ihsan Fauzi