Aktif Mengkaji Isu Hukum Keluarga Islam, Dosen Fakultas Syariah IAIRM Ngabar Terpilih untuk Mengikuti 5th International Conference on Indigenous Religions

IAIRM Ngabar – Berbekal ketekunan dan keaktifan dalam mengkaji isu Hukum Keluarga Islam, Dosen Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin (IAIRM) Ngabar, Indah Fatmawati, M.H., terpilih untuk mempresentasikan hasil penelitiannya pada 5th International Conference on Indigenous Religions (5th ICIR). Konfrensi Internasional yang diinisiasi oleh Intersectoral Collaboration for Indigenous Religions (ICIR) Rumah Bersama ini dilaksanakan pada 22-23 November 2023 bertempat di Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

ICIR Rumah Bersama adalah kolaborasi lintas sektor yang fokus pada membangun gerakan kolektif untuk kewargaan inklusif dan berkeadilan melalui advokasi kebijakan dan pendampingan, riset dan diseminasi pengetahuan. Gerakan yang awalnya dimotori oleh Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS) Universitas Gajah Mada, Yayasan SATUNAMA dan Komnas Perempuan ini telah berkembang dan menjangkau jaringan masyarakat sipil, kampus dan Kementrian/Lembaga Negara.

Berhasil lolos sebagai salah satu peserta dari 22 orang dalam acara Fellowship KBB CRCS UGM dan terpilih dalam 9 best paper untuk dipresentasikan dalam 5th ICIR membuat Indah Fatmawati, M.H., senang sekaligus terpacu untuk terus meneliti dan menulis. Terlebih ia bisa berdiskusi dan mempresentasikan hasil penelitiannya bersama para Dosen yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi nasional. Seperti Universitas Brawijaya,Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Universitas Andalas Padang dan Perguruan Tinggi lainnya. “Tentu senang bisa berdiskusi bersama para Dosen lintas Perguruan Tinggi, tapi yang lebih utama adalah menambah motivasi dan kepercayaan diri untuk terus belajar dan melakukan penelitian,” ujarnya.

Selain itu, Iwan Ridhwani, S.H., M.E., selaku Dekan Fakultas Syariah IAIRM Ngabar juga mengungkapkan apresiasi dan dukungannya bagi para Dosen yang bekerja keras untuk melakukan penelitian sebagai bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ia juga berharap ke depannya semakin banyak Dosen maupun Mahasiswa yang hasil penelitiannya diakui pada tingkat nasional maupun internasional. “Selamat untuk Bu Indah yang telah berhasil menjadi peserta 5th ICIR dan mempresentasikan penelitiannya, Fakultas akan selalu mendukung, begitu juga untuk seluruh Dosen maupun Mahasiswa, semoga terus meningkatkan motivasi diri untuk melakukan penelitian yang berkualitas dan diakui secara nasional maupun internasional,” jelasnya.

Editor: Moh. Ihsan Fauzi